Home / Renungan / DOA TERKABUL


DOA TERKABUL


Doa yang terkabul

(9) Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan." (10) Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu. (1 Taw. 4:9-10)

 

Dalam bahasa Yunani, ada dua pengertian doa yaitu Euchomai artinya mencurahkan isi hati, dan Aiteo yang berarti mengajukan permohonan. Terkabul artinya didengar, dijawab. Doa terkabul berarti permohonan yang didengar. Dalam hal berdoa kita dapat belajar dari salah satu tokoh Alkitab yaitu Yabes.

 

1. Yabes dimuliakan Allah. kata "dimuliakan" berarti berhak atas segala kepunyaan Allah. Bagaimana caranya kita agar dimuliakan Allah? Yohanes 15:7 "Jikalau kamu tinggal di dalam aku dan Firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu pasti menerimanya." Tinggal di dalam Tuhan berarti bergaul intim dengan Tuhan dalam doa, ibadah, dan melayani Tuhan disetiap waktu kita. Bukan saat kita sedang dalam masalah saja atau saat sedang butuh Tuhan saja, melainkan setiap keadaan n waktu kita.

 

2. Pegang Janji Tuhan.

Memegang janji Tuhan artinya percaya kesanggupan Tuhan. Seperti halnya Yabes berdoa meminta berkat berlimpah-limpah, marilah kita pegang janji Tuhan dalam doa dan percaya kita kepadaNya.  Tuhan pasti menjawab doa kita.

 

3. Pentingnya Penyertaan Tuhan.

Betapa pentingnya penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Yabes dalam doanya meminta supaya disertai Tuhan dalam hidupnya. Begitu juga dengan kehidupan kita. Penyertaan Tuhan begitu berarti supaya kita tetap berjalan dalam jalan kebenaranNya apalagi ditengah pandemi covid-19 kita begitu memerlukan proteksi dari Tuhan.

Henaklah kita menjadi orang yang melakukan Firman Allah karena hal ini merupakan rahasia doa terkabul. Amin.

 




Renungan Terbaruview all

KEHIDUPAN YANG DISEMPURNAKAN

access_time14 September 2021 10:08:45

SIAP BERPERANG

access_time07 September 2021 13:57:11

MERASAKAN KEHADIRAN TUHAN

access_time31 Agustus 2021 11:07:26

Recharge Your Soul Terbaruview all

BEKERJA DENGAN HATI

access_time 18 Maret 2020 09:23:39 folder_open 874

TAYLOR MORRIS

access_time 11 Maret 2020 08:16:18 folder_open 4.151

PENGAMPUNAN

access_time 05 Maret 2020 08:28:32 folder_open 772
menu
menu