Home / Renungan / MEMBANGUN KOMUNIASI YANG BERMAKNA DALAM KELUARGA


MEMBANGUN KOMUNIASI YANG BERMAKNA DALAM KELUARGA


MEMBANGUN KOMUNIASI YANG BERMAKNA DALAM KELUARGA
“karena itu nasehatkanlah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan” I Tes. 5:11

Di era digital saat ini, gadget yang seharusnya membantu menunjang komunikasi malah menjadi penghambat komunikasi. Hal ini disebabkan masing-masing anggota keluarga menjadi sibuk dengan ponselnya merea masing-masing. Apabila hal ini dibiarkan tentunya komunikasi yang mendalam dan bermakna menjadi jarang dilakukan.

Bagaimana membangun komunikasi yang bermakna dalam keluarga? Membangun komunikasi yang bermakna dalam keluarga dapat dimulai dengan 3 hal berikut ini:

  1. Bangunlah komunikasi dari hati ke hati. Didalam keluaraga biasakan membangun komunikasi dari hati kehati (mengubah kemarahan menjadi kelembutan, mengubah dari benci menjadi cinta. Pastikan dalam keluarga kita terdapat atmosfer sorgawi yaitu anugerah berlimpah-limpah dalam cinta kasih dan penerimaan tanpa syarat sehingga komunikasi menjadi lebih terbuka.
  2. Jadilah pendengar yang baik. Jangan mengabaikan lawan bicara atau memotong pembicaraannya. Siap mengabaikan lawan bicara dan lebih fokus pada ponsel merupaan sikap yang tidak baik dalam interaksi. Salah paham sering kali terjadi karena kita tidak fokus pada pokok pembicaraan dan memotong pembicaraan apalagi saat sedang emosi.
  3. Saling mendorong dan menguatkan. Komunikasi dalam keluarga harus dipenuhi dengan motivasi untuk saling mendukung dan menguatkan. Hal ini harus kita perhatikan dalam menjaga komunikasi kita dalam keluarga. Usahakan untuk selalu memperkatakan hal-hal yang membangun serta memberikan pujian dan kritik seperlunya.

Di dalam keluarga kristen, semua anggota keluarga harus bertumbuh menjadi murid kristus, lewat relasi di dalam keluarga. Bangunlah relasi menjadi relasi yang kuat melalui pola komunikasi yang bermakna dalam keluarga kita dan dalam berkomunikasi dengan sekitar kita.




Renungan Terbaruview all

KEHIDUPAN YANG DISEMPURNAKAN

access_time14 September 2021 10:08:45

SIAP BERPERANG

access_time07 September 2021 13:57:11

MERASAKAN KEHADIRAN TUHAN

access_time31 Agustus 2021 11:07:26

Recharge Your Soul Terbaruview all

BEKERJA DENGAN HATI

access_time 18 Maret 2020 09:23:39 folder_open 874

TAYLOR MORRIS

access_time 11 Maret 2020 08:16:18 folder_open 4.151

PENGAMPUNAN

access_time 05 Maret 2020 08:28:32 folder_open 772
menu
menu