Home / Renungan / GENERASI ANAK PANAH


GENERASI ANAK PANAH


GENERASI ANAK PANAH
Seperti anak-anak panah  di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.  Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu.  Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang. Mazmur 127:4-5

Dalam pembentukkan karakter anak-anak di dalam sebuah keluarga, maka orang tualah yang paling berpengaruh dalam perkembangan karakter dan moral anak-anaknya karena Orang tua merupakan lingkungan pertama dan yang dikenal oleh anak. Pengetahuan dan pengalaman dari orang tualah yang pertama kali dilihat, dirasakan, direkam dan dikenal oleh anak. Amsal 29:17 firman Tuhan berkata : “Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu”. Jika anak dididik dan ditanamkan nilai-nilai moral yang baik sejak dini maka pada masa tuanyapun tidak akan menyimpang dari jalan hidup yang benar. (Amsal 22:6).

Apa yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan Generasi Anak Panah ?

  1. Asuh anak mengenal Tuhan dan FirmanNya. Mulai sejak dini, kita harus mulai memperkenalkan Tuhan Yesus dan firman Tuhan kepada anak-anak kita. Hal ini kita bila lakukan melalui doa bersama, pembacaan firman Tuhan bersama dan Ibadah bersama. Di saat itulah anak-anak kita ajar untuk mengenal dan mengasihi Tuhan dengan segenap hati.
  2. Asuh anak untuk Takut akan Tuhan. Anak-anak harus kita ajar berulang-ulang agar mereka dapat mengenal Tuhan dengan benar. Pengenalan akan Tuhan akan menentukan rasa takut dan hormat mereka kepada Tuhan. Takut kepada Tuhan akan sangat terlihat dari watak dan prilaku mereka dalam menjalani keseharian mereka, baik di rumah, disekolah maupun digereja.
  3. Asuh anak dengan Keteladanan.  Sebagai orang tua kita harus dapat menjadi teladan bagi anak-anak kita. Tentunya keteladanan yang baik yang sesuai dengan standart Kristus yaitu keteladanan dalam perkataan, dalam tingkah laku, dalam kasih, dalam kesetiaan dan dalam kesucian kita.
  4. Asuh anak dengan Kasih. Sebagai orang percaya kita harus hidup dalam kasih Allah. Sama halnya juga dalam kehidupan anak-anak kita, kita harus menanamkan nilai-nilai Kasih, belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemah lembutan dan kesabaran.
  5. Asuh anak dengan Disiplin. Amsal 29:15 ; “Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya”.



Renungan Terbaruview all

MENDAPAT KASIH KARUNIA DI MATA TUHAN

access_time19 Oktober 2021 12:58:49

MENIKMATI KASIH KARUNIA TUHAN

access_time19 Oktober 2021 12:56:08

TETAP BERSYUKUR

access_time05 Oktober 2021 09:55:30

Recharge Your Soul Terbaruview all

BEKERJA DENGAN HATI

access_time 18 Maret 2020 09:23:39 folder_open 930

TAYLOR MORRIS

access_time 11 Maret 2020 08:16:18 folder_open 4.786

PENGAMPUNAN

access_time 05 Maret 2020 08:28:32 folder_open 830
menu
menu