Home / Recharge Your Soul / PETANI JAGUNG


PETANI JAGUNG


PETANI JAGUNG

Alkisah, ada seorang petani jagung yang sangat sukses. Di daerahnya, dia selalu menjadi pemenang di kontes jagung tahunan dengan hasil panen terbaik. Bukan sekali atau dua kali, petani jagung ini menang berkali-kali. Anda tahu rahasianya?
Ada seorang wartawan yang penasaran dengan rahasia petani jagung ini, kenapa selalu menang di setiap kontes. “Apa formula rahasianya untuk bertahan menang kontes jagung tahunan?” tanyanya.
“Tidak ada formula rahasia. Yang aku lakukan hanya rajin membagikan benih-benih jagung terbaikku kepada petani tetangga-tetanggaku,” kata petani tersebut. “Lho, benih terbaiknya dikasih tetangga, tapi kok Bapak yang selalu menang kontes? Aneh,” tanya wartawan. Pak petani hanya tersenyum ramah dan berkata, “Anda pernah belajar IPA? tentang tanaman yang punya serbuk sari dan putik?” 
“Di pelajaran itu kita tahu bahwa angin menerbangkan serbuk sari dari bunga-bunga yang masak. Lalu menebarkannya dari satu ladang ke ladang lainnya.” 
“Coba bayangkan, bila tanaman jagung tetangga buruk. Serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga akan buruk. Ini merugikan saya, juga tetangga saya   karena  kualitas  jagung akan menurun,” jelasnya. 
Tetapi karena tanaman jagung tetangga-tetanggaku memiliki kualitas benih jagung yang baik maka membuat serbuk sari yang menempel pada putik pohon jagung milik saya akan memaksimalkan hasil tanaman jagung milik saya. 
Begitu pula dengan hidup ini. Terkadang gitu begitu berfokus hanya pada diri sendiri dan sulit rasanya untuk berbagi. Karenanya tidak sedikit kita menemui hasil yang maksimal dalam hidup kita. Bahkan bisa jadi yang ada hanyalah kekurangan dan kegagalan.
Dari kisah ini kita belajar bahwa jika kita ingin berhasil, sukses, dan bahagia, maka kita harus menolong orang disekitar agar berhasil, sukses, dan bahagia juga. Beranilah untuk berbagi benih yang baik kepada orang-orang disekitar kita. Karena tanpa kita sadari kita akan melihat orang-orang disekitar kita akan merasakan dampak dari kebaikan tersebut dan yang lebih luar biasanya adalah hal tersebut akan membuat apa yang kita usahakan menjadi lebih maksimal, sebih berhasil, lebih diberkati. Dengan kata lain manusia yang ingin hidup dengan baik, kuncinya ialah harus menolong orang sekitar untuk hidup baik pula.

2 Korintus 6:9
Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menaburbanyak, akan menuai banyak  juga.

 

 

 

 




Renungan Terbaruview all

DAMPAK KELUARGA YANG KUAT

access_time19 Juni 2019 11:04:00

Ciri-ciri Keluarga Yang Kuat

access_time12 Juni 2019 11:41:37

KELUARGA KUAT

access_time07 Juni 2019 10:44:12

Recharge Your Soul Terbaruview all

KISAH 4 LILIN

access_time 19 Juni 2019 11:04:57 folder_open 5

TERLAHIR BUTA

access_time 12 Juni 2019 11:48:23 folder_open 7

Setia Mendampingi

access_time 07 Juni 2019 10:45:54 folder_open 11
menu
menu