Home / Motivasi / DUA ORANG PEMBUAT PIRAMID


DUA ORANG PEMBUAT PIRAMID


DUA ORANG PEMBUAT PIRAMID

Alkisah di zaman Mesir Kuno, ada seorang Firaun (Pharaoh) yang memerintahkan dua orang untuk masing – masing membangun sebuah piramida. Mereka adalah Azur dan Chuma. Firaun (Raja Mesir) ini menjanjikan bagi mereka yang bisa menyelesaikan piramida tersebut maka akan diberikan hadiah kekayaan seumur hidup, sehingga mereka tidak perlu bekerja lagi. Syaratnya, piramida tersebut harus dibangun seorang diri. Azur tidak membuang waktu. Dia langsung bekerja di sebidang tanah yang telah disediakan. Setelah merancang bangunan secara sederhana, dia kemudian mulai menggali pondasi piramida. Setelah itu dia mulai mengangkat batu untuk membuat lantai dasar piramida. Dia bolak – balik menyusun dan menggotong batu – batu tersebut membentuk lantai dasar piramida. Luar biasa, dalam waktu singkat dasar piramida sudah jadi dalam beberapa minggu. Penduduk setempat mulai memuji – muji Azur. 
Di bulan berikutnya Azur berhasil membuat lapisan kedua piramida. Dia masih mengerjakan dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Dia pecah dan potong batu sesuai ukuran, kemudian diangkat dan disusunnya batu itu satu per satu. Azur kemudian mengunjungi Chuma. Apa yang dia lihat kemudian adalah banyaknya corat – coretan Chuma yang berbentuk seperti piramida. “Hai, Chuma. segeralah buat piramidmu!” kata Azur. Chuma hanya berkata, “tinggalkan aku sendiri. Aku sedang berusaha membuatnya saat ini.”
Azur pun kemudian kembali untuk mengerjakan piramidanya. Azur mulai memasuki pembangunan lantai kelima. Namun, sekali lagi semakin tinggi lantai yang Azur bangun, semakin lelah tubuhnya. Tiba – tiba dia mendengar suara dentuman keras di sekitar piramidanya. Ternyata, Chuma baru mulai mengerjakan piramidanya! Namun, yang membuat Azur terkejut adalah: Chuma membawa sebuah alat menyerupai crane setinggi 8 meter yang belum pernah ada sebelumnya. Alat tersebut terbuat dari tiang, kayu, batu, dan tambang yang dapat berfungsi sebagai katrol untuk meletakkan dan memindahkan batu – batu piramida. Ternyata, Chuma dapat mengerjakan 30x lebih cepat dari apa yang dikerjakan Azur dengan menggunakan mesin tersebut. Chuma, mendapatkan kekayaan seumur hidup pada usia 26 tahun. Berkat alat yang dia rancang dan selesaikan, walaupun di awal dia diejek tidak karuan namun pada akhirnya Chuma lah yang memenangkan tantangan ini.
Kita seringkali tergoda untuk hasil – hasil yang instan, namun ternyata tidak bertahan lama.  Ternyata hidup itu memerlukan perencanaan agar lebih mudah dijalankan ke depannya. 

 

 

 




Renungan Terbaruview all

GAYA HIDUP JEMAAT YANG MISIONER

access_time16 Oktober 2019 08:02:57

JEMAAT YANG MISIONER

access_time09 Oktober 2019 09:20:24

BERDIRI TEGUH DALAM RENCANA TUHAN

access_time02 Oktober 2019 10:11:34

Recharge Your Soul Terbaruview all

KASIH SAYANG

access_time 16 Oktober 2019 08:03:42 folder_open 17

Kejujuran

access_time 09 Oktober 2019 09:21:08 folder_open 47

KEBAIKAN HATI

access_time 02 Oktober 2019 10:13:27 folder_open 69
menu
menu