Home / Khotbah Mingguan / Jangan Lari, Hadapi Masalahmu



Didalam kehidupan kita, seringkali kita mengalami tantangan atau problema kehidupan kita, kadang-kadang posisi kita seringkali disudutkan atau terintimidasi oleh masalah tersebut, padahal apa yang kita takutkan itu belum tentu terjadi. Tuhan ingin agar kita tidak menjadi takut dan lari, tetapi Tuhan inginkan kita hadapi masalah tersebut.. Memang lebih mudah mengatakan daripada bertindak, namun kita harus bisa menjadi seperti Daud, ia berani menghadapi Goliat yang tinggi besar dan ia tidak lari.

3 Hal yang yang harus kita siapkan apabila menghadapi masalah kehidupan:

1. Miliki rohani yang terus terjaga, kuat dan terlatih (I Samuel 17:32)

Kemenangan seseorang dimulai dengan mental terlebih dahulu, seorang atlet ketika menghadapi lawan yang terkenal tangguh, ada beberapa yang drop terlebih dahulu, sehingga kemenangan sulit diraih.. Peraih emas Olimpiade, Tantowi Ahmad dan Liliana Natsir berkata, hanya mental yang terlatih lah yang akan menjadi juara.. Sehebat apapun teknik yang kita miliki, akan kalah ketika kita tidak memiliki mental yang kuat dan terlatih.

Daud memiliki mental terlatih berdasarkan pengalamannya, ketika ia melawan singa dan beruang yang ingin menerkam domba-dombanya, ini membuktikan bahwa Daud bukan tiba-tiba hebat, disamping ia mengandalkan Tuhan, ternyata ia juga sudah terlatih melawan binatang buas, sehingga ini yang membuat mental Daud terlatih dan tidak gentar dalam menghadapi Goliat.

Kerohanian seseorang tidak kelihatan ketika ia dalam keadaan yang nyaman, sehat atau tidaknya kerohanian seseorang akan terlihat ketika kita menghadapi masalah, respon yang kita keluarkan menunjukkan kualitas rohani kita, apakah kita memiliki rohani yang terlatih atau tidak.

Ibadah adalah salah satu cara melatih rohani kita, ketika kita hendak pergi ibadah, ada saja halangan yang menghampiri kita, entah itu hujan, toko yang ramai, dll.. Itu adalah berlatih ketaatan dan kesabaran. Ada yang berkata saya ingin jadi seperti Yesus, bagaimana caranya? Apakah kita ingin jadi seperti Yesus dalam sekejap? Tidak bisa.. Itu adalah proses yang panjang, kita harus praktekkan nilai-nilai kerohanian yang terlatih dalam hidup kita, bukan hanya 1-2 hari, 1-2 bulan bahkan tahun, tapi seumur hidup kita.

2. Milikilah Sikap Seturut jalan dan hukum Tuhan

Hidup yang kita jalani, harus seturut dengan jalan dan hukum-hukum Tuhan, karena seringkali banyak orang mengaku percaya sering menggunakan nama Tuhan dalam setiap sikap, namun dalam kehidupan tidak ada teladan dalam hidup mereka, mereka seringkali menggunakan mantra, paranormal, dukun, dll.. Padahal jika Allah dipihak kita, siapa yang dapat melawan..

3. Milikilah Naungan yang Benar

Banyak kekalahan hari-hari ini dimiliki oleh orang-orang percaya, dan faktanya banyak juga diantara mereka yang mengandalkan kekuatan sendiri dan tidak meminta campur tangan Tuhan. Kita harus berada dalam naungan Tuhan ketika kita menghadapi masalah, semua harus atas seijin Allah dan Pemimpin kita. Banyak anak-anak muda jatuh dalam narkoba, sex bebas, pergaulan yang tidak benar, itu semua karena kita tidak mengandalkan Tuhan, kita rela hidup kita terbawa arus iblis sehingga kita hidup dalam ketidakbenaran.

Sebelum kita menghadapi dan menjalani aktifitas kita, hendaknya kita berdoa meminta naungan Tuhan, agar dimana kita berada, kemenangan berpihak pada kita.

 

Kesimpulan :

Sebelum kita menghadapi dan menjalani aktifitas kita, hendaknya kita berdoa meminta naungan Tuhan, agar dimana kita berada, kemenangan berpihak pada kita.

 

By Agus Saputra, S.Kom.




Renungan Terbaruview all

BERKAT ADA DIATAS KEPALA ORANG BENAR

access_time20 Maret 2019 08:25:48

Dalam Kelemahanlah KuasaNya Sempurna

access_time13 Maret 2019 08:07:21

PROSES DI BERKATI BERLIMPAH-LIMPAH

access_time06 Maret 2019 10:23:00

Hidup Yang Berprestasi

access_time27 Februari 2019 08:23:52

RAHASIA MENANG ATAS PENCOBAAN

access_time20 Februari 2019 08:13:09

Recharge Your Soul Terbaruview all

BELAJAR DI BAAH LAMPU JALAN

access_time 15 Mei 2019 08:02:38 folder_open 8

MENGUMBAR EMOSI

access_time 08 Mei 2019 09:06:53 folder_open 18

YESUS TANGGUNG SEGALA DOSA

access_time 03 Mei 2019 08:35:54 folder_open 25

For You ( Untuk mu )

access_time 24 April 2019 08:20:09 folder_open 30

BERTOBAT DALAM PENJARA

access_time 24 April 2019 08:13:39 folder_open 28
menu
menu